Kesamaan antara Ulama, Jenderal, dan Wanita

Apa hubungan antara ulama, jenderal, dan wanita? Syahid Murtadha Muthahhari, dalam karyanya berjudul Mas’alah Al-Hijâb, memberikan analogi dan alasan mengapa seorang wanita tidak menjaga hijab yang menjadi kodratnya.

Pertama kita ambil contoh seorang ulama yang berusaha menjadikan dirinya panutan bagi orang banyak, karena selama ini ia tidak mendapatkannya. Kemudian ia memperbesar ukuran surbannya, lalu lebih memanjangkan jenggotnya, menggenggamkan sebuah tongkat di tangannya, dan mengenakan jubah kehormatan dan kebesarannya. Mengubah penampilannya ini mempunyai arti tersendiri, seolah-olah lisan yang berkata, “Hormatilah aku! Luaskanlah jalan dihadapanku! Berdirilah kalian dengan sopan kepadaku! Ciumlah tanganku!”

Demikian juga seorang jendral dengan bintangnya, pangkat, dan jabatannya. Ketika ia mengangkat kepalanya tinggi-tinggi, menghentakkan kakinya ke lantai, mengayunkan kedua tangannya ke udara, dan mengeraskan suaranya dengan tegas saat berbicara, maka semua perbuatannya itu merupakan tutur kata tanpa lidah.

Come to the Dark Side

Sesungguhnya ia hendak mengatakan, “Takutlah kalian kepadaku! Tunduklah kalian! Hormati aku! Kalian harus penuhi hati kalian dengan perasaan takut kepadaku!” Seorang wanita juga bisa mengenakan pakaian tertentu atau berjalan dengan gaya tertentu dengan maksud ingin berkata tanpa ucapan yang tak terdengar, “Ikutilah aku! Kejarlah daku! Marilah bersamaku! Tunduklah di hadapanku! Nyatakanlah gelora cintamu padaku!”

Itukah keinginan seorang wanita? Itukah kebebasan yang diinginkan wanita? Dengan cara itukah seorang wanita ingin mendapatkan kemuliaan?

Iklan

4 Comments

  1. pertamaaaaaax.. hehehe.. jika manusia hidup hanya melihat bungkusnya saja.. begitulah jadinya..
    Salam Sayang

Pendapat Anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s