Wajah Umat Islam Saat Ini

islamtodaylatuff

Kira-kira seperti inilah wajah umat Islam saat ini. Di belahan dunia manapun kekuatan luar berusaha memecah belah umat Islam. Berbagai macam usaha dilakukan agar kekuatan Islam sirna, termasuk cara-cara politik pecah belah (divide et impera). Malangnya, ada beberapa umat Islam yang sadar tidak sadar tengah membantu musuh-musuh Islam tersebut.

Di Irak misalnya, masuknya pasukan Amerika Serikat menyulut perpecahan antara kelompok Sunni dan Syiah. Mereka membom masjid Syiah dan mengatakan pelakunya adalah Sunni, begitu juga sebaliknya. Serta di Palestina ketika pengaruh Zionis Israel yang kuat membuat Fatah menjadi mampu dikontrol serta tanpa sadar membantu Israel dalam melawan Hamas.

Sedangkan pemerintah Amerika Serikat (yang Imam Khomeini sebut sebagai Setan Besar) dan pengendalinya, Israel, sedang asyik menyaksikan hasil dari politik pecah belah mereka. Di pojok kanan bawah terdapat tanda pembuat gambar ini: Latuff!

Siapakah Latuff?

Carlos Latuff adalah kartunis kelahiran 30 November 1968 di Rio de Janeiro, Brasil. Karya-karya Latuff sudah dimuat dibeberapa situs, blog, surat kabar dan majalah tidak hanya di Brasil tapi juga di Amerika Serikat, Irak, Arab Saudi, dan Lebanon. Karyanya juga menjadi pemenang kedua dalam Kompetisi Kartun Holocaust Internasional di Iran pada tahun 2006.

Kebanyakan dari kartun Latuff berhubungan dengan konflik Israel-Palestina yang “menjadi hal penting bagi Latuff setelah kunjungannya ke wilayah itu akhir 1990”. Karyanya sangat mengkritik Israel sehingga membuatnya dituduh sebagai anti-Semit. Latuff juga mengkritik aksi militer Amerika Serikat di Irak dan Afghanistan.

Dalam sebuah wawancara dengan majalah mingguan Yahudi-Amerika, The Forward, pada Desember 2008, Latuff merespon tuduhan anti-Semit:

Kartun-kartun saya tidak terfokus pada orang Yahudi atau ajaran Yahudi. Fokus saya adalah Israel sebagai entitas politik, sebagai suatu pemerintahan, tentara mereka menjadi satelit kepentingan Amerika Serikat di Timur Tengah, dan khususnya kebijakan Israel atas Palestina.

Sumber: Wikipedia

Catatan: Lihat karya-karya Latuff lainnya di Latuff’s DeviantArt.

Pendapat Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s