Foto Makam Imam Jafar Terungkap!

Di saat peringatan syahidnya Imam Jafar ash-Shadiq as., gambar kuno dari makam besar Imam Jafar di Madinah terungkap. Dalam peringatan yang diadakan di Ahlul Bayt World Assembly di Tehran, dokumen visual tertua penghancuran makam empat imam ahlulbait yang baru ditemukan di Turki dipublikasikan

Foto ini milik wakil Haramain asy-Syarifain pada masa kekuasaan Utsmaniah (Ottoman) dan makam dari empat imam ahlulbait memiliki kubah dan dinding tinggi (istana). Pekuburan Jannatul Baqi berada di dekat masjid dan rumah Nabi Muhammad saw.

Orang pertama yang dimakamkan di Jannatul Baqi atas perintah Nabi adalah Utsman bin Mazun, yang merupakan sahabat Nabi saw dan pembela Imam Ali as. Baru kemudian beberapa syuhada Perang Uhud dikuburkan di sana dan menambah kemuliaan tempat tersebut.

Syiah ahlubait menghormati pemakaman ini karena di sana dimakamkan jasad suci, termasuk empat imam: Imam Hasan bin Ali, Imam Ali Zainal Abidin, Imam Muhammad al-Baqir, dan Imam Jafar ash-Shadiq as., bersama juga makam Fatimah binti Asad (ibu Imam Ali as.), dan makam Ummul Banin (istri Imam Ali as.) dan Ismail putra Imam Jafar as.

Baitul Ahzan (Rumah Kesedihan) tempat di mana Sayidah Fatimah menangis dan bersedih atas kepergian ayahnya (Nabi Muhammad) dan tempat di mana kezaliman ditimpakan kepadanya dan suaminya juga berada di tempat tersebut.

Ketika kekuasaan Utsmaniah (Ottoman) menjadi lemah karena penaklukan oleh Wahabi yang menguasai Hijaz dan mendominasi Madinah. Pada 8 Syawal 1343 H kaum Wahabi menghancurkan kubah dan makam dari empat Imam tersebut. Mereka bahkan hendak menodai makam Nabi saw., namun karena beberapa alasan mereka tidak bisa melakukannya. Ketika keluarga Saud mempunyai kekuasaan beberapa pembatasan dilakukan bagi para peziarah dari makam suci tersebut tetap berlangsung hingga sekarang.

Saat ini para peziarah yang mencari tempat ini akan berhadapan dengan orang-orang yang mencaci-maki para peziarah. Mereka bahkan menyangkal keberadaan makam para Imam di tempat ini! Dokumen yang ditemukan ini merupakan bukti kuat keberadaannya.

Hari ini 25 Syawal 1430 H merupakan hari syahadah (kematian) Imam Jafar ash-Shadiq as.

Artikel Terkait:

30 thoughts on “Foto Makam Imam Jafar Terungkap!

  1. KH Hasyim Asyari kakeknya Gus Dur yang melakukan lobbying mencegah penghancuran makam Rasulullah SAAW.

  2. Orang iseng aja mau ngebongkar makam orang2 alim sahabat… Sudah jelas banget mereka iri dengan orang ziarah dan berdoa.. Karena mereka tdk bisa do’a dan gengsi untk mengakui dirinya bodoh.. Kalau tdk boleh ziarah berarti org sm saja dgn binatang..habis meninggal dibiarkan saja.. Dasar org kurang kerja’an. Mari kita ziarah untk mengenang jasa jasa para anbiya sahabat mujtahid .. Biarkan sj mereka ngomong apa saja ..anggap sj mulut sampah.

  3. WAHABI MUSUH UMAT ISLAM SELURUH DUNIA…..WAJIB HUKUMNYA MEMERANGI MEREKA

    • JANGAN MENCACI KAUM , JUSTRU WAHABI AKAN MELURUSKAN AJARAN AGAMA ISLAM YANG BANYAK MELENCENG SAAT INI,INGAT SEMUA NABI JIKA MAENYAMPAIKAN KE BENARAN SELALU ADA TANTANGAN DAN DI TOLAK BAHKAN DI CEMOOHKAN SEPERTI YANG ADA SAAT INI.KARNA TRADISI YANG SELAMA INI DI JALANKAN SUDAH MENDARAH DAGING DAN TURUN TEMURUN.MUNGKIN KARENA LEMAH NYA PARA KIAYI AKAN PENGETAHUAN AGAMA .SAYA MOHON PADA MAS ALI REZA JANGA MENYERAH UNTUK BERDA WAH DEMI LURUSNYA AJARAN AGAMA ISLAM.WASSALAM.

    • betul,.. wahabi saudi adalah musuh islam yang sesungguhnya,. mereka tidak bertindak kecuali atas perintah israel…

      banyak bukti akan kesesatan kaum Wahabi salafy saudi,..

    • bener mas wawan hermawan. siapa tau hati si ali reza ke buka ya,…sehingga bisa bedaain mana nash dan mana dongeng, dan gak ikut mencari-cari kubur kubur suci, atau bikin kubur kubur suci tuk diziarahi ( atau dijadikan mesjid tuk ibadah sperti di iran )

  4. Mudah-mudahan Muslimin dan Muslimat seluruh Indonesia dipelihara ALLAH SWT dari pengaruh sesat wahabi…

  5. pemuja kubur, kalian ikut ajaran darimana ????
    kalau ada ajaran Rasul Saw, untuk membangun dan memuja kubur tolong diposting.

    • All,sayangnya kamu hanya membaca kitab2 tulisan dari salafi wahabi saja,cobalah buka hati dan fikiranmu utk membaca bukhori muslim yg bukan fersi salafi wahabi…

  6. pemuja kubur…sampai bikin replika kubur abu lu’luah si majusi untuk di ziarahi krn dianggap berjasa membunuh Amirul mukminin Umar bin Khatab Al Faruq.
    nauzubillah minzalik, ikut ajaran siapa ?

    • Al akbar,berdoa di atas kubur bukan berarti kita memohon pd simati tetapi kita memohon kpd allah utk segala historinya,atau perjalanan sejarah hidupnya dlm beriman kpd allah dan rasulullah,sama tatkala engkau shalat dan berdoa menghadap kiblat dan mengarahkan tangan ke langit apa berarti tuhan kamu kakbah dan yg mengabulkan dan yg memperkenanka doa kamu kaqbah dan langit?…cobalah utk berfikir…..

  7. @Ali Akbar, syiah memang mahrum, pembunuh sahabat juga mertua nabi SAW di puja replika kuburnya….Naudzubillah….lindungilah isteri, anak, keluarga dan teman dari syiah rafidah.

  8. Buat saya, hanya orang bodoh yg menyembah (isi) kubur dan lebih bodoh lagi orang yg menilai perbuatan tersebut hanya dari lahirnya saja.

  9. ooo.. gitu ya …? kalau riwayat dibawah ini bgm bos, pinter gak ? apa mesti kita nilai dari lahirnya saja ?

    Abu Abdillah berkata: “Ziarah ke kuburan Husein sama dengan 20 kali ibadah haji, dan lebih utama daripada 20 haji dan umrah.”Tahdzibul Ahkam,

    Abu Abdillah berkata “Bahwasanya Allah pertama-tama melihat kepada orang-orang yang berziarah ke makam Husein pada hari Arafah sebelum Allah melihat kepada orang-orang yang ber-wukuf di Arafah.” Aku berkata: “Bagaimana bisa demikian? Dia menjawab: Karena di kalangan orang-orang yang ber-wukuf di Arafah terdapat anak-anak zina, sedang di kalangan orang-orang berziarah ke makam Husein tidak terdapat anak-anak zina.” (bagaimana kalau ditambah dg terdapat anak anak hasil mutah yg gak jelas nasabnya)
    Tahdzibul Ahkam, ….

    Abu Abdillah berkata: “Barang siapa yang berziarah ke makam Husein pada malam nisfu Sya’ban, malam hari Raya Iedul Fitri dan malam Arafah dalam satu tahun, maka Allah akan menulis untuknya pahala 1000 haji yang mabrur, 1000 umrah yang diterima dan dikabulkan untuk orang itu 1000 kebutuhan dunia dan akhirat.” Tahdzibul Ahkam,

    ?????

    • Kalau cuma copas tanpa paham ya enggak bisa dianggap pinter lah😀

      Begitu juga dengan yang menelan mentah-mentah amalan.

  10. ali akbar@ Alhamdulillah…yg antum posting di coment tsb diatas tersurat dan tersiratnya sangat jelas.
    justru ana bingung dg maksud “menelan mentah mentah” bung reza ?
    kalau dapet mohon postingkan yg “mateng” nya tuk riwayat abu abdillah tsb. biar kami paham.

    • Apakah riwayat seperti itu beserta janji-janjinya atau riwayat “barang siapa yg mengucapkan la ilaha illallah maka masuk surga” dapat ditelan begitu saja atau membutuhkan syarat? Apakah hadis yg di-copas sudah Anda periksa dan langsung bisa dijadikan satu-satunya sandaran? Kalau Anda menganggap Husain bin Ali sebagai manusia biasa dan bukan imam, lantas apa manfaatnya? Apakah orang yg tidak mengimani Nabi Muhammad saw. bisa menerima riwayat keutamaan ziarah kubur nabi?

      By the way, Boy, meski kamu lucu, tidak apa enggak capek? Berkomentar dengan nama ali akbar tapi dipuji sendiri sedangkan IP dan orangnya sama?

    • Kebanyakan nonton OVJ dan jarang baca buku ya kayak gini jadinya..
      nulis komen sendiri, di-rate sendiri, dibales sendiri pake nama laen..
      prikitieewww….wakakakakkakakaka

      Maju terus ya akhi Reza, Islam di atas mahdzab, konsisten saja dengan hal tersebut (insyaAllah, Allah SWT pasti menunjukkan jalan)
      Allahumaa Shalii ‘ala Muhammad, Wa ‘aali Muhammad!

  11. bisa saja amaliah dan ibadah yg mungkin sbg syarat2 justru idem dg riwayat yg tdk didukung nash tsb, bahkan lebih jauh menyimpang dari ajaran Allah dan Rasulnya, atau bahkan bisa menggugurkan keutamaan ucapan “La illaha ilallah” yg telah diikrarkan …
    wawlahhualam
    mempercayai imamah boleh saja, yg jadi “lucu” ialah bila kemudian selalu “menelan mentah – mentah” riwayat tanpa nash yg diperkatakan serta diamalkan tokoh,guru/ustadz2 aliran tsb
    by the way, khayalan tetap khayalan meski dikatakan dan diamalkan oleh siapapun

    Kami memohon pada Allah agar membuat kami selalu dpt melihat kebenaran sebagai kebenaran serta memberi karunia pada kami agar dapat mengikutinya, dan agar membuat kami dpt melihat kebatilan sebagai kebatilan, dan memberi karunia pada kami agar menghindarinya.

  12. Hadist ini shahih dan jelas memperbolehkan ziarah kubur, bukan menyembah….(tuduhan yang berlebihan, hati2 anda bisa menganggap orang lain syirik itu bisa berakibat rusaknya akidah anda sendiri)
    Dari Buraidah, Rasulullah s.a.w. bersabda:
    “Sesungguhnya dahulu saya melarang kamu ziarah ke kubur. Kemudian Muhammad telah mendapat izin berziarah ke kubur ibunya. Maka berziarahlah kamu, karena sesungguhnya ziarah itu mengingatkan kepada hari akhirat.” (HR.Muslim, Abu Daud, dan Tirmizi).

    Proses hukum dan motivasi ziarah ke kubur.
    Pada permulaan pengembangan Islam, Rasulullah melarang ummatnya untuk melakukan ziarah ke kubur. Adapun motivasi larangan itu adalah karena di jaman jahiliyah, kuburan itu menjadi salah satu sumber dan sasaran pembaktian kaum penyembah berhala. Bahkan jauh sebelum itu, di jaman Nabi Nuh a.s., sebagian kaumnya memandang kuburan itu sebagai satu tempat yang suci (kudus). Dengan larangan menziarahi kubur itu pada permulaannya, maka dapatlah dibendung kekhawatiran timbulnya kembali paham syirik, sedangkan iman dan tauhid yang ditanamkan oleh Rasulullah kepada pengikut-pengikutnya baru saja pada taraf permulaan, belum berurat berakar dalam jiwa mereka.
    Setelah pembinaan ajaran iman dan tauhid itu semakin kuat, Rasulullah menerima wahyu yang mengizinkan untuk menziarahi kubur ibunya, sehingga beliau menunjukkan dengan perbuatannya sendiri kebolehan ziarah ke kubur itu.
    Mengenai kasus Rasulullah menziarahi kubur ibunya, disebutkan dalam satu hadist yang diriwayatkan dari Abu Hurairah, yang artinya sebagai berikut:
    “Nabi Muhammad s.a.w. menziarahi kubur ibunya. Beliau menangis, dan menangis pula orang-orang di sekelilingnya. Kemudian, Nabi berkata: Saya meminta izin kepada Tuhanku (Allah) supaya diperkenankan memohonkan doa ampunan untuk ibuku. Permohonanku itu tidak diizinkan. Kemudian aku meminta izin untuk menziarahi kuburnya, dan diizinkan. Berziarahlah kamu, agar kamu teringat kepada kematian.” (HR. Ahmad dan Muslim).
    Dari ayat ini dapat dipahami bahwa ziarah kubur itu dianjurkan, sebab hikmahnya akan mengingatkan dan menyadarkan umat manusia tentang kehidupan hari akhirat yang akan datang dan keharusan melakukan persiapan-persiapan untuk menghadapi saat-saat kepastian yang mesti ditemukan oleh setiap orang yaitu kematian atau ajalnya suatu saat nanti.
    Apakah orang-orang wahabi tidak mau mati??? padahal ingat mati adalah perintah nabi.
    Kita sewajarnya ingat benar-benar akan pesan Rasulullah SAW: “Banyak-banyaklah kamu mengingati kejadian yang akan menghancurkan segala kelazatan yaitu maut (mati).” (Hadis riwayat At-Tirmizi)

  13. maaf kang reza, akang menyebutkan di atas diriwayatkan bahwa yang mula dimakamkan di maqbarah baqi adalah Utsman bin Mazun, shahabat Nabi dan PEMBELA Imam Ali as, maksudnya pembela itu apa ya kang? bukankan Utsman bin Mazun meninggal sekitar 3H pada masa kenabian dan tidak ada pembelaan kecuali hanya kepada Nabi SAW pada masa itu? Mohon penjelasannya….

  14. gini saja, kalau yang ada yg ngga percaya kirim do’a setelah mati itu sampai apa ngga,… situ pada mati saja dulu, saya yakin kok Do’a do’a itu akan sampai. belum tentu bisa menjadi amal, namun setidaknya bisa menjadi penyejuk…. situ mati, nanti saya kirimin Al Fatihah,…..gimana?

  15. ASSALAMUALIKUM.WR.WB
    Islam itu indah dengan adanya perbedaan,tpi perbedaan itu janganlah dijadikan masalah,masing2 manusia punya cara sendiri menilai,,,,..
    antum yg memilih antum yg menentukan…

  16. Ziarah ke makam Rosulullah, para Imam yang Soleh itu bukan menyembah kubur, sepengetahuan saya mereka itu tidak mati, tapi hidup disisi ALLAH Yang Esa. jadi sangat beda antara menyembah kubur dan Ziarah kubur. wallahu a’lam.

  17. WAHABI ITU MEMBABI BUTA, BERHATI BOPENG..!!! ALASAN YANG BAIK BAGI MEREKA MEMUSNAHKAN MAQAM MAQAM YANG DI ANGGAP SYIRIK ITU..!!! BAGAIMANA PULA DENGAN KA’ABAH..??? GOBLOG..!!! HE HE.. SUDAH PASTI MEREKA KATAKAN.. OH TAK BOLEH.. ITU KAN RUMAH ALLAH..!!! HA HA.. MAKA NYA ITU WAHABI GOBLOG SANGGUP BERNIAT UNTUK MEMUSNAHKAN MAQAM MAQAM KEKASIH ALLAH SUBHANAHU WATA’ALA.

Pendapat Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s