Mau Daftar Klub Poligami? Entar Dulu…

Tadi waktu sedang menunggu giliran potong rambut, saya membaca koran yang isinya tentang pendirian sebuah klub. Bukan klub sepak bola, tapi malah Klub Poligami Indonesia. Klub poligami ini di-lauching pada malam minggu tanggal 17 Oktober 2009 dan dihadiri 150 orang.

Para tamu undangan yang datang di antaranya dari Papua, Jakarta, Tasikmalaya dan Garut. Dalam peresmian tersebut, hadir juga ketua klub poligami Malaysia Global Ikhwan Chodijah binti Am. Acara malam itu bertema “Poligami: Obat Mujarab untuk Mendapatkan Cinta Allah.”

Ketua Global Ikhwan Chodijah binti Am mengatakan, klub poligami tersebut awal mulanya diresmikan di Malaysia. Lalu didirikan cabang klub poligami di Indonesia. “Sebelum meresmikan klub poligami di Bandung, saya sudah berkeliling Indonesia untuk menyampaikan misi tentang poligami,” katanya ketika dihubungi ANTARA.

Ia mengaku, sebagai wanita awalnya menolak poligami, bahkan seluruh keluarganya pun menolak dengan alasan takut Chodijah tidak bahagia dan terlantar. Tapi, ia melanjutkan, setelah selama 30 tahun menjalani hidup sebagai seorang istri yang dipoligami, justru dirinya mendapatkan cinta Allah, karena senantiasa berkomunikasi dengan-Nya.

Chodijah tidak memungkiri jika pendirian klub poligami di Indonesia akan menimbulkan penentangan dari berbagai pihak apalagi kaum hawa. “Hal itu juga terjadi di Malaysia ketika pertama kali dideklarasikan, namun sekarang semua sudah bisa menerimanya,” katanya.

Benar saja, pertentangan juga terjadi di Indonesia pastinya. Mulai dari aktivis perempuan sampai ke ulama juga. Ketua MUI Jawa Barat, Hafidz Usman, meragukan manfaat dan pentingnya pendirian klub poligami itu. Menurut Hafidz, pembentukan klub itu berlebihan. Kelompok suami beristri lebih dari satu tersebut seharusnya tidak perlu ada karena sensitif di masyarakat.

Pimpinan cabang Klub Poligami Global Ikhwan cabang Bandung Mochamad Umar membantah jika kelompoknya dianggap sebagai aliran sesat dan meresahkan. Justru upayanya itu untuk memerangi pelacuran dan bermanfaat sosial. “Apa buktinya kami meresahkan atau aliran sesat,” katanya di Bandung, Selasa (20/10).

Poligami, ujar lelaki beristri empat itu, bukan sekedar urusan seks. Dalam kehidupan sehari-hari, para istri keluarga poligami dinilai sangat berperan membantu pekerjaan suami. “Poligami hanya dibolehkan jika lelaki bisa adil,” katanya. (Lihat: Ulama Jawa Barat Pertanyakan Klub Poligami)

Sebetulnya bukan cuma poligami yang boleh dilakukan kalau lelaki bisa adil, tapi juga hal yang lain termasuk nikah. Kalau lelaki tidak bisa adil juga jangan nikah dong. Cuma heran saja dengan orang yang semangat protes melawan hal yang tidak wajib: poligami.

Melawan poligami lebih semangat dibandingkan melawan perselingkuhan dan perzinaan. Seorang kiai yang poligami sampai disebut sebagai “pelaku kekerasan”! Apa urusannya orang yang poligami kemudian terjadi kekerasan lalu yang dilarang malah poligaminya? Ada orang shalat tapi masih maksiat apa yang dilarang shalatnya?

Lah ayatnya jelas: “Bila kalian khawatir tidak dapat berlaku adil maka seyogyanya beristeri tidak lebih dari satu.” Adilnya tidak gampang tuh, jadi ya… jangan asal poligami. Karena adil yang dimaksud di sini adalah membagi harta materiil kepada masing-masing isteri dengan benar-benar sangat adil. Jumlah yang sama persis. Ini yang dimaksud dengan poligami yang bukan pelampiasan hawa-nafsu, tapi lebih ditekankan sisi sosial.

“Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil di antara istri- istri (mu), walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian, karena itu janganlah kamu terlalu cenderung (kepada yang kamu cintai), sehingga kamu biarkan yang lain terkatung-katung.” Nah, yang enggak mungkin lagi berbuat “adil” di sini adalah masalah perasaan kasih-sayang.

Di ayat ini kita dinasihati, karena adil membagi kasih-sayang kepada dua atau lebih wanita yang berbeda tidak mungkin, jangan sampai membuat istri yang lain terlantar dan pembagian harta materiil menjadi tidak adil. Emangnya itu klub ini bisa menjamin keadilan pria zaman sekarang? Kalau bisa baguslah. Tapi kenapa mesti ada klub poligami ya? Enggak bikin klub zakat gitu? “Mendapatkan cinta Allah” juga enggak harus poligami ‘kan?

(Ditulis Diketik dengan terburu-buru sehingga bahasanya berantakan) Wallahualam.

13 thoughts on “Mau Daftar Klub Poligami? Entar Dulu…

  1. hahahah lihat bannernya emang bener wakakakak daripada dapet penyakit kelamin mending dapet kenikmatan yang halal tapi…..lebih baik monogami itu lebih baik

  2. Anda tepat sekali, kalau mau “Mendapatkan cinta Allah” nggak perlu poligami. Mendirikan klub zakat akan lebih bermanfaat bagi orang banyak.

  3. ck ck ck ck….
    ada-ada saja yah…
    pro dan kontra poligami memang sudah sejak lama menjadi perbincangan para ulama dinegeri kita…
    eh sekarang malahan ada yang mendirikan klub poligami…

    poligami memang banyak dilakukan oleh orang2 yang memiliki kelebihan didalam harta kekayaan..
    karena mereka beranggapan bahwa salah satu syarat melakukan poligami adalah harus adil…
    mereka menganggap bahwa mereka bisa memenuhio sifat adil tersebut dengan harta…
    tapi yang dimaksud adil disini adalah, adil dalam segalanya…
    baik sandang, pangan dan papan, tentu saja jasmani dan juga rohani harus terbagi dengan adil…

    semoga saja terbentuknya klub poligami ini tidak membawa dampak negatif bagi warga yang berada dilingkungan sekitar maupun masyarakat luas….
    Iklan

  4. Saya lihat polygami itu sesuatu yang perbolehkan bukan sesuatu yang diwajibkan. Prinsipnya adalah jika ALLOH membolehkan Polygami bagi Pria sudah pasti banyak manfaatnya. Nah kalau kenyataannya hari ini dianggap banyak yang rusak polygaminya ya wajar karna yang diexpose adalah polygami dari orang yang suami istrinya belum paham syariat, namun fakta membuktikan bahwa jauh sebelum Muhammad SAW mencontohkan, para Nabi terdahulupun berpolygami, dalam hal ini apakah Para Nabi tersebut orang yang rusak akal dan akhlaqnya ?? klub ini bagi saya adalah perlu dijadikan kendaraan bagi sebagian Ummat Islam yang mau dan mampu dalam niatan ( karena ALLOH ) untuk melawan organisasi – organisasi kewanitaan yang mengusung SEKULERISME !! mohon maaf jika salah, ini hanya pendapat saya saja.

  5. Bagus tuh ada clubnya. saya lihat tujuannya baik yaitu memberi info tentang pelaksanaan poligami yang benar, karena pada dasarnya poligami dibolehkan. pingin daftar neh, terlepas dari akan poligami atau tidak.

  6. Pengen ndaftar tapi belum punya nyali….

    Saya dukung adanya klub poligami buat mendorong para pria menyalurkan hasrat selingkuh ke arah yg halal dengan pengertian dan tanggung jawab yang benar. Disamping itu faktanya kita kelebihan ‘stock’ wanita. Di lingkungan industri di daerah kami, perbandingan pria : wanita bisa mencapai 1:12,. Bahkan kalau semua pria berpoligami sesuai jatah, masih tersisa 8 wanita tak bersuami.Wanita kan juga punya perasaan untuk dikasihi selain tuntutan libido,lalu kepada siapa mereka harus menikah kalau jumlah pria sedikit?

  7. bener tu susai dalam al-hadist ungkapan Nabi Muhammad mlakukan POLIGAMI serta jg menerangkan keadaan akhir zaman yg posisi
    pria : wanita = 1: 50,
    nah ywd ga usah aneh2 pikiran setan kalian ungkapkan, POLIGAMI yg mau silahkan yg tidak biarkan, kiata milik diri sendiri di dunia jd ga usah pusing,
    Beriman (Percaya n lakukan Al-Quran n Al-Hadist)

  8. Ass.
    Bagi saya Polygami sudah jadi kewajiban karena saya banyak menemui Perempuan yang ingin sekali punya suami tapi belum juga ada yang melamar ketika saya coba menawarkan untuk jadi istri kedua si perempuan tidak keberatan padahal bukan janda , kalau janda saya banyak lagi ketemu dan bukan saya yang minta dia yang minta untuk dikawini walau jadi istri ke empat…..dan dari cerita mereka banyak yang tdk tahan dgn kesulitan ekonomi terpaksa kerja di tempat maksiat…dan istri kedua saya hampir saja jadi korban….tapi syukurlah saya berani untuk memutuskan berpolygami walau banyak yang menentang… Mudahan akan banyak lagi perempuan-2 yang terselamatkan dgn adanya Polygami…ada beberapa org menyarankan kalau ingin membantu kenapa harus polygami ? awalnya saya menawarkan bantuan tanpa polygami tapi si perempuannya takut bantuannya terputus ditengah jalan dan ingin minta nafkah lahir dan nafkah batin juga..jadi kenapa saya harus menolak polygami…Saya berharap anda tidak mencela org yg berpolygami walau dia tidak adil itu urusan dia dgn Allah…Siapa tahu istri2 dia akhirnya memaafkan ketidak adilannya..sehingga dia diampuni…Istri Nabi tidak mencela Nabi Polygami kenapa kita mencela bahkan ada yang melarang…? Kita yakin Jodoh monogami sudah ditentukan begitu juga tapi jodoh Polygami kenapa kita tidak percaya ? Kalau ada org kawin lagi itukan sudah jodohnya yg sudah tertulis diwaktu lahir… Saya meyakini jika seseorang jodoh nya cuma satu biar berselingkuh dgn 1000 perempuan tidak akan bisa berjodoh…tapi bila memang sudah tertulis jodohnya banyak biar dilarang dan dipenjarakan dia akan tetap kawin….wassalam.

  9. kenapa tidak club zakat aja kenapa harus club poligami?……antum kalau menjelaskan dengan hadist jgn setengah setengah!!, Rasul pernah berdoa ini masalh adil ya, yang intinya adalah ya Allah jangan Engkau permalukan hamba dengan yang tidak mampu hamba berbagi ( yakni cinta)” maknanya adalah pembagian cinta yang dimaksud oleh Allah kamu tidak akan bisa berbagi dan itu tidak berdosa, tapi ihwal nafkah lahir bathin ( gilir) itu yg ndak boleh tidak adil!!, masalah club zakat dan club poligami, umat itu ada yang menggapai ridho dan rahmat Allah dgn banyak cara sekiranya ia dimampukan di poligami ya via poligami, kalau dizakat ya dizakat, antum harus pandai dan lebih bijaksana kalau menafsirkan hadist harus sesuai sahabat jln pikirannya.

Pendapat Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s