Grup Anti-Syiah Facebook Berubah Menjadi Persatuan Islam

Kekacauan sebagian umat Islam dalam perang dunia maya (dan fana)—khususnya Facebook—semakin menjadi-jadi. Debat kusir, caci-maki, sumpah serapah, menjadi lazim dilakukan oleh kedua belah pihak yang mengaku mengatasnamakan mazhabnya. Ya, mereka hanya mengatasnamakan mazhab (apapun namanya) dan lebih buruknya mereka mengutamakan emosi.

Saya menaruh kecurigaan besar atas adanya pihak tertentu yang bermain. Mungkin tidak semuanya, karena sebagian lain bisa saja benar-benar “tulus” memperjuangkan keyakinan fanatiknya. Tapi secara tidak sadar, mereka semakin mempermulus jalan musuh Islam untuk mengacaukan umat Islam.

Profil Palsu

Saya akan berikan contoh kecil. Pencarian (tanggal 2 Februari 2010) dengan nama “Moshe Levin” akan menghasilkan 27 akun termasuk sedikitnya 3 (tiga) akun dengan profile picture sama seperti di bawah ini:

Profil pertama sepertinya asli orang Israel, dengan alamat http://www.facebook.com/molevin. Tapi dua akun sisanya adalah palsu; yang pertama wall-nya kosong dan bisa di-add tapi yang kedua tidak bisa di-add (tapi memiliki dua teman, salah satunya creator grup ๑۩۞۩๑ INILAH SYIAH (& PENJELASANNYA) ๑۩۞۩๑) dengan tampilan wall seperti di bawah ini (klik untuk perbesar):

Sebagaimana yang terlihat, ia masuk ke beberapa grup. Dia masuk ke grup anti-Syiah dan memuji apa yang dilakukan oleh administrator, kemudian masuk ke grup ahlusunah dan menaruh tulisan tentang kesamaan ajaran Yahudi dengan Islam suni, dan seterusnya dan seterusnya… Ciri-ciri pengadu-domba seperti ini biasanya membuat akun-akun baru dengan foto palsu, karena tidak berani menampilkan identitasnya.

Akun dan Grup Adu Domba

Selain itu, dibuat pula akun dan grup baru dengan bermacam-macam nama, mulai dari yang norak hingga yang konyol. Seperti misalnya sebuah grup bernama Habib-Habib Persia Gadungan Sesat Pecinta Mu’tah & Agen Shyetan. Sebagai gambar grup mereka memasang foto Habib Munzir Al-Musawa. Anda yang menilai sendiri, para pembuat grup ini masuk ke dalam kelompok yang mana. Tapi yang jelas mereka adalah pengecut. Nama-nama adminnya adalah Allahumma Shalli ‘ala Muhammad, Pecinta Islam Yang Benar, dan Muhammad Nabi. Administrator yang sama juga membuat grup lain yang lebih konyol bernama FPI Ternyata SYIAH!

Tidak selesai sampai di situ. “Keanehan” kembali muncul dengan adanya grup bernama DERETAN ORANG SYIAH BERTAQIYAH ANTI SYIAH UNTUK MENYEMBUNYIKAN INDENTITAS. Grup ini menulis beberapa nama akun Facebook orang-orang yang aktif menyuarakan anti-Syiah tapi menyebutnya sebagai seorang Syiah yang pura-pura menunjukkan kebencian terhadap Syiah. Aneh kan?! (Klik untuk perbesar gambar).

Beberapa nama dalam daftar tersebut berasal dari kalangan jammaah, yang mungkin saja grup ini bertendensi untuk memecah jammaah khususnya Alawiyin (terlihat dari pelecehan terhadap seorang habib bermazhab Suni). Lagi-lagi administrator grup ini (Abu Khalid الشجعان) tidak berani menampilkan wajah (mungkin karena pengecut atau karena fatwa ekstrimis Wahabi yang mengharamkan foto). Grup dan admin pun mengarahkan link situs jemaah Wahabi takfiriah.

Menjadi Persatuan Islam

Tapi kemarin saya mendapat kabar. Sebuah grup yang awalnya bernama ANTI SYI’AH telah merubah namanya. Saya tidak punya screenshot untuk grup ini karena sebelumnya saya hanya pernah lihat sekilas dan tidak ikut bergabung. Saya pun tidak punya informasi siapa creator dan administrator sebelumnya. Kabar melalui mesagge itu mengatakan bahwa grup tersebut berubah nama menjadi PEMUDA ALAWIYYIN CINTA PERDAMAIAN DAN PERSATUAN SUNNI-SYIAH. Sekarang grup ini hanya memiliki dua administrator (tanpa sepengetahuan saya sebelumnya, grup ini me-link blog saya).

Saya tidak punya banyak informasi sebab-musabab bagaimana grup ini bisa berubah. Di wall grup memang ada seseorang dengan nama Amy Coz Amboradol yang mengatakan “ga ridho milik saya anda rebut”. Tapi saya sudah mencoba mengklarifikasi kepada administrator sekarang untuk menceritakan bagaimana kejadiannya

Ia mengatakan bahwa sebelumnya diajak untuk jadi administrator. Untuk beberapa lama ia menghujat Syiah dengan meng-copy-paste dari situs Wahabi yang anti-Syiah. Setelah beberapa hari ia diminta (seorang ikhwan) untuk membaca buku Syiah yang asli dan selanjutnya dilakukan pertemuan serta diskusi dengan ustaz perwakilan Syiah dan Suni, yang keduanya dari kalangan Alawiyin. Cerita berhenti sampai di sini.

Tugas Utama

Mungkin kedua pihak sudah bisa saling memahami mengenai betapa tidak manfaatnya debat-kusir dan caci-maki yang dilakukan selama ini. Semua dalil dan bukti yang disampaikan paling tidak hanya mampu masuk ke akal, dan bukan ke hati. Musuh-musuh Islam yang berkedok Islam hanya melihat dengan tertawa.

Dalam ceramahnya, Habib Umar bin Hafiz mengatakan bahwa seseorang yang mengaku sebagai Syiah dan mengikuti Imam Ja’far as. tidak boleh dikafirkan. Diakhir ceramahnya tersebut Habib Umar menegaskan bahwa kita punya tugas utama yakni menjaga putra-putri kita dari pihak yang berusaha mengeluarkan mereka dari agama Islam. (Lihat: Habib Umar bin Hafiz Bicara tentang Syiah)

Situs albayyinat.net yang menampilkan surat para habaib kepada ustaz Syiah Ahlulbait pun tidak menunjukkan pengkafiran atau pernyataan sesat.  Isinya pun bukanlah permintaan untuk berpindah mazhab (sebagaimana yang diklaim situs tersebut). Tapi lagi-lagi Habib Umar (semoga Allah menjaganya) menegaskan pentingnya menjaga umat muslim dari usaha-usaha yang mengeluarkan mereka dari agama Islam, fitnah, adu domba, perpecahan yang telah sampai ke kaum Alawiyin.

Sebagai penutup adalah jelas bahwa seseorang memang berhak untuk pindah ke mazhab manapun yang sesuai dengan Alquran dan sunah, tapi persatuan tidak mengharuskan seseorang untuk pindah mazhab. Apa yang terjadi bukanlah bukti kemenangan mazhab tertentu, tapi ini adalah bukti kemenangan Islam. Wallahualam.

وقل جاء الحق وزهق الباطل إن الباطل كان زهوقا

“Dan katakanlah: ‘Yang benar telah datang dan yang batil telah lenyap.’ Sesungguhnya yang batil itu adalah sesuatu yang pasti lenyap.” (QS. Al-Isrâ: 81)

19 thoughts on “Grup Anti-Syiah Facebook Berubah Menjadi Persatuan Islam

  1. ahsantum bang… semoga suatu saat, di indonesia akan terbentuk suatu lembaga -Taqreeb bainal-mazahib… untuk menjembatani konflik sektarian sunni-syiah,..

    dan seperti gambaran antum diatas,.. ternyata ketika kita berdebat kusir dengan dorongan emosi, apalagi sampai tahap takfiir,.. yang rugi adalah kita sendiri,.. baik sunni ataupun syiah,..

    yg akan tertawa dan tepuk tangan adalah kaum zionis ketika melihat sunni-syiah bertengkar dan mudah diadu domba…

    ahsantum,.. ahsantum..

  2. aku ikut 2 grup yg di sebut kan dia tas..1 Inilah syiah dan penjelasannya, 2. Inilah syiah….keduanya hmpr mirip bhkan ada yg menjadi admin di ke2 grup tersebut…pernah salah satu teman yg menjadi admin di “inilah syiah dan penjelasanya” mengatakan jika “inilah syiah” itu grup wahabi tp org2 yg berada di grup “inilah syiah” mengatakan hal yg sebaliknya…jd mn yg benar?

    • Grup INILAH SYIAH (& PENJELASANNYA) ada dua; yang pakai simbol ๑۩۞۩๑ adalah anti, yang tanpa simbol tidak anti.

  3. Saya tantang orang yang anti syi’ah untuk bermubahalah. Biarlah Alloh menjadi hakim pertentangan kita.

  4. Ya Allah dengan segenap harapkudan dengan segala kuasaMU…aku mohon kembalikanlah saudara-saudara kami,darah daging kami para sadah alawiyyin yang tercinta agar kembali menekuni khazanah keilmuan nenek moyangnya para Awliya dan Shalihin,kembali kepada manhaj Ahlis sunnah wal jamaah…

    • “Dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat Kami yang jelas, tidak ada bantahan mereka selain dari mengatakan: ‘Datangkanlah nenek moyang kami jika kamu adalah orang-orang yang benar’.” (QS. 45: 25)

  5. SESUNGGUHNYA PERTOLONGAN ALLAH TIDAK UNTUK KAUM YANG BERPECAH BELAH, UNTUK ITU PERSATUAN DAN KESATUAN UMAT HARUS DIBANGUN DAN DIPERERAT ATAS DASAR RUHAMAHU BAINAHUM, UNTUK MENCIPTAKAN SATU KEKUATAN BARU YANG MENGGETARKAN MUSUH-MUSUH KITA….اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِ مُحَمَّدٍ

  6. hmmm…..ayat untuk orang kafir ditujukan kepada saudaranya yang ahlus sunnah….apa pantas ya ali reza?

    • Abu Hurairah Jakarti? Hah? Jakarti??

      By the way, masa mesti diulang? Ayat Quran (meski mungkin sabab turunnya karena kaum kafir) tetap merupakan petunjuk bagi semua umat manusia (ayat sebelumnya, 45: 20).

  7. gimana dgn grup ini ??

    1.000.000 kaum muslimin menolak ASWAJA ( Asli Syiah WArisan JAhiliyah )

    dengan admin أبو هريرة جاكارتي

    dan ini ana sempat copas update status d wall nya tu admin

    أبو هريرة جاكارتي
    Beberapa nama dalam daftar tersebut berasal dari kalangan jammaah, yang mungkin saja grup ini bertendensi untuk memecah jammaah khususnya Alawiyin (terlihat dari pelecehan terhadap seorang habib bermazhab Suni). Lagi-lagi administrator grup ini (Abu Khalid الشجعان) tidak berani menampilkan wajah (mungkin karena pengecut atau karena fatwa ekstrimis Wahabi yang mengharamkan foto). Grup dan admin pun mengarahkan link situs jemaah Wahabi takfiriah.
    18 jam yang lalu

    2 orang menyukai ini.
    Anshar AsSunnah Apa maksudnya ini gan??
    17 jam yang lalu
    أبو هريرة جاكارتي
    itu bagian tulisan dia menjelek jelek ana antum baca aje gan

    http://ejajufri.wordpress.​com/2010/02/02/grup-anti-s​yiah-facebook-berubah-menj​adi-persatuan-islam/

    GA DI MANA2 ANA DI TUDUH PEMECAH BELAH

    AUH AH

    fokus dulu cari ISTRI PENGANTI

    biar agak tenangan ane
    Grup Anti-Syiah Facebook Berubah Menjadi Persatuan Islam
    ejajufri.wordpress.com
    Kekacauan sebagian umat Islam dalam perang dunia maya (dan fana)—khususnya Faceb…Lihat Selengkapnya
    17 jam yang lalu · 1 orang

  8. Sunny :
    melandasi keyakinan dengan :
    – penghormatan dan pemuliaan kepada keluarga nabi dan para sahabatnya serta pemuliaan kepada istri-istri beliau
    – Al-Qur’an yg ada akan terus dijaga oleh Allah SWT
    – Tidak ada yg maksum setelah Rosulullah SAW
    – Meyakini bahwa kitab shohih Bukhori adalh kitab tershohih setelah Al-Qur’an
    – mengharamkan Nikah mut’ah (nikah kontrak tanpa wali) selama-lamanya
    Syi’ah :
    melandasi keyakinan dengan :
    – Pengkafiran dan pemurtadan istri dan sahabat nabi SAW
    – Al-Qur’an yg ada sekarang telah dirubah oleh pada sahabat
    – Semua Imam adlah maksum
    – Meyakini bahwa kitab Shohih Bukhori adalah kitab paling dusta karena diriwayatkan oleh pada sahabat yg murtad
    -menganjurkan Nikah Kontrak
    Dari perbedaan tersebut silahkan anda pilih dipihak yg mana. Buat para propaganda yg mau nyatuin sunni-syi’ah, saya mau tanya bagian mana yg mau disatuin?

  9. Antum coba lihat dan Add seseorang yg Bernama SALMAH HANDAYANI, Diskusi Ketuhanan –menuju Pengingkaran terhadap ALLA
    H dan Nabi Muhammad S.A.W

  10. Emang apa isi dri buku asli siah
    Apa jangan2 anda mengarang crita? memperbolehkan kawin kontrak?melaknat sahabt bagian dri iman?menghalalkan darah ahlussunnah?memakshumkan para imamnya mereka?taqiyah bagian dri iman?menganggap quran yg ada skrg tu palsu? Jika memang anda benar yg ada justru makin membenci.syiah-sunni ga kan bisa bersatu.karena ini masalah akidah.satu lagi,penisbatan wahabi,?wahabi itu apa si?apa yg dimaksud tu alwahhab?salah satu nama allah

  11. yang bernasabkan kpd al mam isa al muhajir sebaiknya mengikuti jejak leluhur sunnah wal jamaah ,jgn terjebak dgn wahabi atau syiah dsb , semua keturunan sayyidina raslullah dan 4 khalifah memakai gelar sayyid /sayyidina dan anak anak cucu nya ,hanya dinasti fatimiyah mesir yang tatkala itu berkuasa di sekitar abad ke 11 masehi melarang memakaikan kan gelar sayyid kepada selain keturunan hasan dan husain ,benarkan rasullullah pernah melarang memakai gelar sayyid kpd keturunan 4 sahabat saat itu ? ???? ,dinasti fatiminyah melarang karena memang berkuasa jadi raja,apa saja bisa dilakukan raja saat itu.terus bagaimana yang sudah bertempiran kemana tidak di mesir apakah sayyid ini al itrah rasulullah?// jadilah ba alawi yag berjalan pada jalan leluhur nya dengan tidak menentang nya,walaukhan sayyid wahu tariqah nahi sanneh la tu khalifah,kalau pelarangan nama sayyid karena dari rasulullah kami akan ikut ,ktapi kalau karena perintah raja kami tidak ikut ,adalah lucu rasanya yang anak anak raja semua memakai raden dst,tiba tiba begitu kita berkuasa kita melarang mereka memakai raden yag telah mereka pakai turun temurun ,dan hanya kita boleh memakai raden karena kita sekarang yang berkuasa ? ingin benar ikut jalan habaib alawiyyin insya Allah anda mendapat yang haq,
    jangan jadikan polimik thn 1912 di pakojoan ,saran dan pendapat saudara ba alawi jgn pernah berkhianat kpd ahmad bin isa bila ingin jadi waliullah .perkataan ini tdk kami tujukan kepada khusus al itrah dan anaak cucu ahmad bin isa ,jgn pernah menjaadi walad nuh ,sholawat

Pendapat Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s