Sikap FPI terhadap Syiah dan Wahabi

Sehubungan dengan munculnya beragam macam pertanyaan bahkan fitnah dan tuduhan dalam berbagai blog mau pun Facebook di dunia maya tentang akidah FPI, ditambah lagi banyaknya desakan dari berbagai pihak agar FPI menyampaikan sikapnya secara terbuka tentang Syiah dan Wahabi. Maka kami redaksi fpi.or.id berinisiatif untuk menukilkan pernyataan Ketua Umum FPI Habib Muhammad Rizieq Syihab, M.A., saat Diklat Sehari FPI di akhir tahun 2009 yang lalu berkaitan dengan asasi perjuangan FPI yang terkait asas, akidah, dan mazhab organisasi.

FPI adalah organisasi amar makruf nahi mungkar yang berasaskan Islam dan berakidahkan Ahlusunah Waljemaah serta bermazhab fikih Syafii. Jadi, FPI bukan Syiah atau pun Wahabi.

Syiah

Pandangan FPI terhadap Syiah sebagai berikut: FPI membagi Syiah dengan semua sektenya menjadi tiga golongan: Pertama, Syiah ghulat yaitu Syiah yang menuhankan/menabikan Ali bin Abi Thalib r.a. atau meyakini Alquran sudah di-tahrif (dirubah/ditambah/dikurangi), dan sebagainya dari berbagai keyakinan yang sudah menyimpang dari usuluddin yang disepakati semua mazhab Islam. Syiah golongan ini adalah kafir dan wajib diperangi.

Kedua, Syiah rafidah yaitu Syiah yang tidak berkeyakinan seperti ghulat, tapi melakukan penghinaan/penistaan/pelecehan secara terbuka baik lisan atau pun tulisan terhadap para sahabat Nabi saw. seperti Abu Bakar r.a. dan Umar r.a. atau terhadap para istri Nabi saw. seperti Aisyah r.a. dan Hafsah r.a. Syiah golongan ini sesat, wajib dilawan dan diluruskan.

Ketiga, Syiah mu’tadilah yaitu Syiah yang tidak berkeyakinan ghulat dan tidak bersikap rafidah, mereka hanya mengutamakan Ali r.a. di atas sahabat yang lain, dan lebih mengedapankan riwayat ahlulbait daripada riwayat yang lain, secara zahir mereka tetap menghormati para sahabat nabi saw., sedang batinnya hanya Allah Swt. Yang Mahatahu, hanya saja mereka tidak segan-segan mengajukan kritik terhadap sejumlah sahabat secara ilmiah dan elegan. Syiah golongan inilah yang disebut oleh Prof. Dr. Muhammad Said Al-Buthi, Prof. Dr. Yusuf Qaradhawi, Prof. Dr. Wahbah Az-Zuhaili, Mufti Mesir Syekh Ali Jum’ah dan lainnya, sebagai salah satu mazhab Islam yang diakui dan mesti dihormati. Syiah golongan ketiga ini mesti dihadapi dengan dakwah dan dialog bukan dimusuhi.

Wahabi

Ada pun pandangan FPI terhadap wahabi sebagai berikut. FPI membagi Wahabi dengan semua sektenya juga menjadi tiga golongan; pertama, Wahabi takfiri yaitu Wahabi yang mengkafirkan semua muslim yang tidak sepaham dengan mereka, juga menghalalkan darah sesama muslim, lalu bersikap mujassim yaitu mensifatkan Allah Swt. dengan sifat-sifat makhluk, dan sebagainya dari berbagai keyakinan yang sudah menyimpang dari usuluddin yang disepakati semua mazhab Islam. Wahabi golongan ini kafir dan wajib diperangi.

Kedua, Wahabi khawarij yaitu yang tidak berkeyakinan seperti takfiri, tapi melakukan penghinaan/penistaan/pelecehan secara terbuka baik lisan maupun tulisan terhadap para ahlulbait nabi saw. seperti Ali raa., Fatimah raa., Al-Hasan raa. dan Al-Husain raa. mau pun itrah/zuriyahnya. Wahabi golongan ini sesat sehingga mesti dilawan dan diluruskan.

Ketiga, Wahabi mu’tadil yaitu mereka yang tidak berkeyakinan takfiri dan tidak bersikap khawarij, maka mereka termasuk mazhab Islam yang wajib dihormati dan dihargai serta disikapi dengan dakwah dan dialog dalam suasana persaudaraan Islam.

Dengan demikian, FPI sangat menghargai perbedaan, tapi FPI sangat menentang penyimpangan. Oleh karena itu semua, FPI menyerukan kepada segenap umat Islam agar menghentikan/membubarkan semua majelis/mimbar mana saja yang secara terbuka melecehkan/menghina/menistakan ahlulbait dan sahabat nabi saw. atau menyebarluaskan berbagai kesesatan atau melakukan penodaan terhadap agama, lalu menyeret para pelakunya ke dalam proses hukum dengan tuntutan penistaan agama. (redaksi fi.or.id/adie)

Sumber: Front Pembela Islam

Artikel Terkait:

37 thoughts on “Sikap FPI terhadap Syiah dan Wahabi

  1. tapi banyak akademisi atau pengamat yang justru yakin bahwa FPI adalah wahabi karena cara mereka yang dianggap keras.

    • FPI tdk pernah melakukan kekerasan, tapi FPI slalu menjalankan ketegasan dan itu di contohkan oleh rasulullah yg slalu tegas terhadap para pelaku maksiat.

    • Untuk melihat apakah WAHABI atau tidak cukuplah sederhana lihatlah amalan amalan yg dikerjakan apakah sholawatan,, pembacaan maulid , haul dll sedangkan amalan amalan tsb dilakukan Habib Rizieq jadi jangan melihat sisi kerasnya. Jadi pendapat akademisi atau pengamat keliru

    • Aq kira FPI itu baik2 saja….. dan seperti itulah seharusnya umat Islam…

  2. Saya rasa itu bukan kekerasan melainkan ketegasan,mudah2an apa yang diperjuangkan fpi tentang amar ma’ruf nahi munkar bisa terwujud,semoga bangsa indonesia ini selalu diberkahi ALLAH SWT.

  3. Mengenai FPI di tuduh Wahhabi dll,itu menunjukkan ketidak tahuan penuduh atau niat busuk dalam memfitnah FPI,
    FPI murni berazaz Ahlu Sunnah Wal Jamaa’ah,sebagaimana AZAZ dan MADZHAB Salafussalih dari hadramaut.
    Kemurnian dan keikhlasan Habib Rizieq Bin Syihab insyaALLAH tidak akan pernah bisa dibelokkan oleh fitnah orang-orang rendah yang hina tersebut……

    • Betul, dulu aku juga mengira FPI WAHABI tapi setelah melihat amalan amalan Habib Rizieq, aku baru tahu bahwa FPI ASWAJA, Keras dan lembut memang hrs diperlukan

  4. Astaghfirullah !

    Berpegangtegulah kepada al-Quran dan Sunnah. Hindari fanatisme golongan dg menfitnah saudaranya yg seiman dg pemberian nama Wahabi takfiri, khawarij, dsb. Bacalah gerakan dakwah Muhammad bin Abdul Wahhab melalui sumber-sumber independen, bukan dari tulisan-tulisan musuh-musuh yg tidak menyenangi dakwah beliau.

    Dakwah Muhammad bin Abdul Wahhab, mirip gerakan dakwah KH. Ahmad Dahlan, tokoh reformis Islam di Indonesia.

    Gerakan kedua tokoh reformis Islam ini mengacu pada manhaj yg ditempuh oleh para Salafusshalih atau Ahli Sunnah wal Jama’ah yg bertujuan memerangi kebodohan, poenyimpangan, dan perbuatan-perbuatan bid’ah yg masih ada pada sebagian besar kaum muslimin, dan kembali kepada ajaran murni Islam berdasar al-Quran dan Sunnah. Dan ahli-ahli bid’ah inilah yg kemudian menyerang dakwah Muhammad bin Abdul Wahhab dg menfitnahnya dg berbagai macam tuduhan, seperti mengkafirkan sesama muslim, menghalalkan darah muslim yg tidak sepaham dg gerakan dakwahnya, penghinaan terhadap ahlulbait, dsb.

    Untuk memahami lebih jauh gerakan dakwah Muhammad bin Abdul Wahhab ini, baca;

    “Hanya Islam bukan Wahhabi” oleh Prof. DR. Nashir bin Abdul Karim Al-Aql, Darul Falah.

  5. Akhi Daniel ini tampaknya seorang Wahhabi Mu`tadlil. Hanya saja karena kurangnya ilmu, tidak bisa memetakan mana putih, merah dan hitam. Kalau boleh menuntut seperti yang Akhi Daniel tuntut, maka yang saya tuntut pertama kali adalah Rasulullah dengan tuntutan, “STOP ya Rasullah membagi-bagi umat Islam menjadi 73 Golongan. Ya Rasul, hindari fanatisme golongan dg menfitnah saudaranya yg seiman dg pemberian nama khawarij, dsb. Kita sama-sama Islam ya Rasul. Jangan sebut kami Ahlussunnah atau apa, sebut saja kami Islam” ^^

  6. Allahu Akbar…Allahu
    Akbar…ALLAHU AKBAR !!

    Duhai sobat Amirul Al-Mustadh’afin, ditanganmu kebangkitan islam dinantikan…

    Allah telah menjanjikan semua itu & kelak kalianlah sang pengukir sejarah baru dalam kebangkitan islam.

    ♥ Sepuluh risalah pemuda islam:

    1. Memahami iman, islam & ikhsan. Pemuda islam harus memahami hakekat iman, islam & ikhsan. Mustahil ia akan memuliakan islam bila mereka sendiri tidak memahami islam. “Siapa yg dikehendaki Allah utk mdptkn kebaikan maka pandaikanlah agama…”

    2. Mengimani segenap agama islam. Iman kepada Allah dan Rasul-Nya merupakan suatu sikap mental patuh & tunduk. Tunduk berlandaskan iman kepada-Nya dan i’ttiba’ (mengikuti) rasul-Nya. “Katakanlah, itulah jalan (agama)ku, aku & orang² yg mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dg hujjah yg nyata. Maha Suci Allah & aku bukanlah termasuk orang-orang yg musyrik…” {QS.12.Yusuf:109}

    3. Mengamalkan & men-dakwahkan islam. Ciri-ciri orang yg tidak mengalami kerugian dalam hidup adalah mereka yg senantiasa mengamalkan iman, islam dan ikhsan. Call of duty dakwah is calling.

    Dakwah adalah jalan hidup para rasul.

    Meninggalkan dakwah akan membawa petaka.

    Orang² yg berdakwah berhak mendapat pertolongan Allah.

    Dakwah, alasan sorg hamba dihadapan Rabbnya.

    “Rasul² itu adalah sebagai pembawa berita gembira & peringatan, supaya tiada alasan bagi manusia utk membantah Allah setelah rasul² itu diutus. Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana…” {QS.An-Nisaa'[4]:165}

    4. Berjihad dijalan Allah. “Hai orang-orang beriman, maukah Aku tunjukan suatu perniagaan yg dapat menyelamatkanmu dari azab yg pedih, yaitu beriman pd Allah & rasul dan berjihad dijalan-Nya dg harta & jiwamu, itu yg lebih baik darimu jika kamu mengetahui…”

    5. Bersabar & istiqomah dijalan islam. Kesabaran hrs dilanjutkan dengan
    keistiqomahan. Keyakinan dalam iman haruslah secara bulat (mutlak) dan kesabaran itu setengah dari keimanan. Sahabatku, minta tolonglah dengan sabar & shalat. Dan jadikanlah sabar sebagai senjatamu serta dirikanlah shalat sebagai peneguh imanmu. Karena sesungguhnya, kamu berada dalam penglihatan Rabbmu.

    والعصر-١

    Dèmí mà§á.

    ان الانسان لفي خسر-٢

    Sèsüñggùhñyá màñúsíá ítú bëràdá dàlám kèrügíáñ.

    الاالذ ين امنوا و عملوا الصلحت
    وتوا صو با لحق وتو اصو با لصبر-٣

    Kècùálí ôràñg-óráñg yàñg bèrímàñ dan bèrämál §äléh yàñg sàlíñg bèrpësâñ dèñgàñ kèbêñàráñ dàñ sàlíñg bërpè§àñ dèñgàñ kè§äbàráñ. {QS.Al’Asr:1-3}

    “KESABARAN ITU AKAN MENGUJIMU HINGGA KAMU MATI !!”

    6. Mempersaudarakan manusia dalam ikatan islam. Pemuda islam hrs berperan aktif dalam menjalin ukhwah islamiyah. Karena stp muslim yg satu dg yg lainnya spt bangunan yg saling mengokohkan. Rasulullah saw bersabda; “Jiwa umat islam itu spt satu badan. Bila ada bagian tubuh yg terluka maka bagian tubuh yg lainnya akan ikut merasa…”

    Tingkatan ukhuwah islam:

    • Ta‘aruf (saling mengenal)
    • Ta‘aluf (saling bersatu)
    • Tafahum (saling memahami)
    • Ri‘ayah (perhatian)
    • Ta‘awun (saling membantu)
    • Tanashur (saling menolong)

    “Wahai seluruh manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kalian dari laki-laki & perempuan dan Kami jadikan kalian berbangsa² dan bersuku² supaya kalian saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia diantara kalian disisi Allah adalah yg paling taqwa diantara kalian. Sesungguhnya Allah Maha Tahu & Maha Mengenal..” {QS.49:13}

    “IKRAR MUSLIM”

    Allah tujuan kami. Jihad jalan kami.
    Syahid cita-cita kami.

    Semboyan kita bukan BHINEKA TUNGGAL IKA tapi LAILAHA ILALLAH MUHAMMAD RASUL ALLAH.

    Dasar negara kita seharusnya bukan Pancasila atau UUD’45 tapi Al-Quran & As Sunah.

    Kita tak kenal NASIONALISME atau PATRIOTISME selain JIHAD FISABILILLAH.

    Kita cinta tanah air tp lebih cinta kpd agama.

    Kita taat pada pemerintah tp lebih taat kpd Allah & Rasul.

    Pancasila itu berhala.

    Demokrasi dan HAM itu sampah.

    Pluralisme itu sesat.

    Sekulerisme itu ajaran iblis.

    Liberalisme itu agama Dajjal.

    7. Menggerakkan & mengarahkan potensi umat islam. Potensi umat islam harus diarahkan dalam amal jama’i secara efektif & efisien. “Maka janganlah kamu mengikuti orang² kafir & berjihadlah terhadap mereka dg Al-Quran dg jihad yg besar”. {QS.Al-Furqon:52}

    8. Laa tahzan, laa tahzan (jangan bersedih) karena islam tak akan bisa berdiri dengan tegak bila kamu hanya menangisi luka derita hatimu. “Janganlah kamu lemah & sedih hati pdhl kamu org² yg paling tinggi (derajatnya) jk kamu org² yg beriman. Jk kamu (pd perang Uhud) dpt luka mk kaum (kafir) itupun (pd perang Badar) mdpt luka yg sama & masa (kejayaan/kehancuran itu) Kami pergilirkan diantara manusia (agr mrk mdpt pelajaran) & spy Allah bedakan org² yg briman (dg org² kafir) spy sbgn kamu dijadikan-Nya (gugur sbg) syuhada & Allah tdk suka org² yg dzalim. Dan agar Allah bersihkan org yg beriman & binasakan org² kafir”.
    {QS.Al-Imran:139-141}

    9. Introfeksi diri thd aktifitas yg telah dilakukan.

    10. Iklas dalam segenap pengabdian dijalan Allah. Sesungguhnya Allah akan menolong umat ini hanya karena orang-orang yg tertindas berada diantara mereka.
    “Dan hendaklah ada diantara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf & mencegah yang munkar maka mereka adalah orang² yang beruntung”. {QS.Al-Imran:104}

    “Hai orang² yang beriman, janganlah kamu khianati Allah & Rasul dan jangan pula kamu khianati amanat yang dipercayakan padamu sedangkan kamu mengetahui”. {QS.Al-Anfaal:27}

    Aamiin ya Rabb.

  7. Cukuplah Ahlulsunnahwaljammah, isitilah wahabi itu jelas dari propaganda orang diluar islam. Bacalah sejarah syekh Muhammad bin abdul wahab, jangan hanya berbicara “katanya”, bacalah juga buku beliau. Jangan merasa benar sendiri, kita semua berjuang khususnya untuk diri kita sendiri, karena kita sendirilah yang akan mempertanggung jawabkannya dihadapan Allah. Secara umum kita berjuang demi tegaknya amar makrufnahimunkar dan berjalan lurus sesuai aqidah, berkehidupan sesuai sunnah junjungan kita nabi Muhammad shalallahualaihiwassalam. Belajar dan selalu belajar ilmu dalam islam dan sejarahnya. Lapang dadalah terhadap semua perbedaan khilafiyah. Tegakkan ukhuwah. Jangan menuduh dan berbicara kalau tidak tahu ilmunya.
    Buat saudaraku FPI, sangat respon terhadap yang anda lakukan demi tegaknya amarmakrufnahimunkar. Ketegasan dan aksi yang anda lakukan saya sangat salut. Tindakan yang anda lakukan sangat diperlukan. Hanya sedikit saran, mohon maaf sebelumnya, mungkin pada saat melakukan kegiatan atau apapun, jangan seakan-akan terlalu anarkis dengan berteriak dan kelihatan sangat emosional dalam menghancurkan sesuatu. Lihatlah pada saat terekam kamera TV, anggota FPI seperti, maaf, kesurupan dan emosional. Kita tegas tapi santun, janganlah sampai EMOSIONAL, karena itu akan menghancurkan tujuan yang mulia. Salut untuk FPI semoga selalu dijalan yang lurus. Untuk Habib Riziq, semoga amal perbuatan anda mendapatkan balasan pahala dari Allah.

  8. Amar ma’ruf cenderung lebih mudah tapi nahi mungkar cenderung lebih sulit dan beresiko, jadi harus kuat, keras dan tegas sesuai Al Qur’an dan Sunnah Nabi Saw. Maju terus pantang mundur FPI..!!!. Smoga Allah SWT selalu Melindungi dan Meridhoi kita semua. Aamiin

  9. FPI itu taliban, dan semoga negara2 eropa bisa membebaskan belunggu islam radikal dari indonesia.. saya rela di bunuh siapapun, asal bukan ISLAM!!!

    • Loh kenapa? Nasoroh ya wkwkwkw….bagusnya namamu diganti saja anjing nasoroh gitu wkwkw, anjing ya tetap anjing…tapi lebih pas buatmu

  10. aqidah FBI mengatakan salafy sebagai wahaby dan khawarij adalah kekeliruan. mungkin yang mereka maksud adalah wahaby pengikut abdul wahab bin abdurrahman bin rustum pada tahun 211 H yang memang akidahnya khawarij dengan kesepakatan ahlu sunah.
    demi Allah kalau FBI benar 2 tahu isi kitab2 salafy dan benar2 tahu siapa khawarij dan aqidahnya tidak akan mengatakan seperti itu.

    • Sepertinya FBI tidak tahu isi kitab salafi. Mereka sibuk melakukan investigasi di Amerika Serikat. Apakah Anda orang Arab Badui? Karena tidak fasih mengetik P.

  11. اتق الله يا أخي في لسانك
    هداني الله و إياك في طاعته

  12. Berpegang teguhlah pada Al Qur’an dan Sunnah Rasulullah..jaga kemurnian islam dari virus virus bid’ah,kemusrikan,taqlid selain kpd Rosulullah..ketaatan hanya kpd Alloh semata..

Pendapat Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s