Persatuan Suni-Syiah dalam Pandangan Imam Khomeini

Wahai umat muslim! Menjauhlah dari para pemecah belah! Wahai kalian umat muslim yang kuat, berhati-hatilah! Kenali diri kalian sendiri dan biarkan dunia mengenal kalian! Pelaku sektarian dan perselisihan di kawasan, yang telah diciptakan oleh kekuatan pencengkram dunia dan agen-agen korup mereka, ingin menjarah kalian dan menginjak-injak kemanusiaan serta kehormatan Islam.

Kalian yang harus mengatur—berdasarkan ketentuan Allah Azza wa Jalla dan Alquranulkarim—para pemecah belah, seperti agen-agen bayaran yang tidak tahu apapun tentang Islam dan kepentingan umat muslim. Bahayanya orang-orang ini sama seperti para pencengkram dunia. Mereka menampilkan Islam dengan kacau-balau dan membuka jalan bagi para penjarah. Semoga Allah yang Mahatinggi, menjauhkan Islam dan negara muslim dari kejahatan penguasa dunia dan antek-anteknya.

Perbedaan antara Syiah dan Suni adalah Keinginan Pihak Asing

Jika terjadi perpecahan antara bangsa Iran dan bangsa lainnya, atau antara saudara suni dan Syiah, maka akan menjadi kerugian bagi kita semua umat muslim. Mereka yang ingin menciptakan perpecahan ada di antara suni atau Syiah. Mereka adalah pemimpin negara adidaya dan para pelayannya.

Mereka yang ingin menciptakan perpecahan antara saudara kami, Syiah dan suni, adalah kelompok yang bersama musuh-musuh Islam. Mereka ingin membantu musuh Islam untuk menguasai umat muslim. Mereka adalah pengikut Amerika Serikat dan sebagian lagi pengikut Uni Soviet (pada waktu itu—pent.). Umat muslim, di mana pun mereka, harus sadar bahwa perpecahan di ujung terjauh dunia dan ujung dunia lainnya bukan berarti sengketa regional (karena Islam satu kesatuan—pent.)

Dunia hari ini tidak sama seperti dulu. Tidak akan menjadi pertanyaan hanya di satu bagian dunia. Jika terjadi perselisihan di antara kalian, ikhwan di Iran, maka akan menjadi perhatian di seluruh dunia. Jika terjadi perselisihan antara ikhwan di Iran dan di Irak, misalnya, maka masalah ini akan menjadi kepedulian seluruh dunia, bukan masalah regional antara Iran dan Irak.

Hal ini diakui di seluruh dunia, oleh mereka yang ingin menaruh keuntungan dunia di kantong-kantong mereka dan untuk memaksakan kontrol mereka di seluruh dunia. Mereka mengeksploitasi setiap perpecahan yang terjadi antara Syiah dan suni di Iran. Hal yang sama juga mereka lakukan jika terjadi perselisihan antara ikhwan di Iran dan di Pakistan.

Kita harus sadar bahwa hukum Ilahi berkata: “Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara.” (QS. 49: 10). Tidak ada lagi di antara mereka selain persaudaraan dan mereka wajib memiliki perilaku bersaudara. Inilah poin politik yang harus dimiliki seluruh umat muslim untuk menjadi satu saudara, sehingga tidak ada bahaya yang menimpa mereka dan tidak ada adidaya yang bisa mengatur mereka. Saudaraku! Camkanlah hal ini!

Suni dan Syiah Harus Menghindari Perpecahan

Satu kelompok dalam umat muslim adalah Syiah, satu kelompok lain dalam umat muslim adalah suni, Hanafi, Hambali, dan lainnya kelompok akhbari. Pada dasarnya ini merupakan kesalahan awal untuk menyuguhkan ide tersebut. Dalam sebuah masyarakat yang semuanya ingin melayani Islam dan untuk Islam, hal-hal seperti itu seharusnya tidak disuguhkan. Kita semua adalah saudara.

Semua ini tentang ulama yang mengeluarkan sekumpulan fatwa dan kalian menirunya, maka kalian menjadi Hanafi. Kelompok lain menjadi Syafii dan mengikutinya. Kelompok lain mengikuti fatwa Imam Shadiq dan menjadi Syiah. Hal seperti ini seharusnya tidak menjadikan perbedaan. Kita tidak seharusnya memiliki perbedaan atau kontradiksi apapun. Kita semua adalah saudara.

Ikhwan Syiah dan suni harus menghindari segala perbedaan. Hari ini, perbedaan kita akan menjadi perhatian bagi mereka yang percaya dalam Syiah atau Hanafi atau mazhab lainnya. Mereka ingin hal ini atau hal itu. Cara mereka adalah untuk membuat perbedaan antara kita. Kita harus sadar bahwa kita semua adalah muslim, pengikut Alquran dan tauhid, dan karenanya kita harus bekerja keras bagi Quran dan mengabdi pada tauhid.

Umat Muslim Dunia Bergabung Bersama

Mereka yang berusaha menciptakan perpecahan akan sia-sia. Umat muslim adalah bersaudara dan tidak akan dipecahkan oleh propaganda jahat oleh beberapa oknum korup. Asal-usul pertanyaan mengenai Syiah dan suni disebabkan oleh kebodohan dan propaganda yang dilakukan pihak asing.

Mereka bahkan menyebabkan perpecahan di antara Syiah sendiri. Mereka melakukan hal yang sama di antara mazhab suni, menempatkan satu kelompok berlawanan dengan kelompok lain. Hari ini, seluruh mazhab muslim menghadapi kekuatan setan yang ingin mencerabut Islam, karena mereka tahu apa yang bisa membahayakan mereka adalah Islam, dan bahaya terbesar adalah persatuan dalam umat Islam.

Hari ini adalah hari bagi seluruh umat muslim seluruh dunia untuk terus bersama. Hari ini bukanlah hari untuk sebuah kelompok berkata “hanya kami” dan kelompok lain di tempat berbeda berkata “hanya kami”. Hari ini adalah hari di mana semuanya bersatu dalam basis peraturan Islam dan Penghakiman Alquran.

Mereka tidak memecah belah. Perpecahan di antara muslim, bagaimana pun mungkin terjadi, dilarang oleh Alquran. Perpecahan akan membawa kegagalan pada mereka dan menghapuskan kualitas manusia dan bangsa. Inilah perintah Allah.

Mereka yang mencoba menciptakan perpecahan dan masih mengklaim sebagai muslim, tidak menemukan Islam yang kitabnya adalah Quran, Islam yang Kakbah adalah kiblatnya. Mereka tidak percaya pada Islam. Seseorang yang percaya pada Islam adalah dia yang menerima Alquran beserta isinya yang menyebutkan: “Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara.”

Persaudaraan mengharuskan jika kemalangan menimpa kalian, seluruh saudara, di mana pun mereka berada, bersimpati kepada kalian. Jika kalian bahagia, maka semuanya juga bahagia.

Penerjemah: Ali Reza Aljufri © 2010

One thought on “Persatuan Suni-Syiah dalam Pandangan Imam Khomeini

Pendapat Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s