Menentang “Draw Muhammad Day”!

Saya tidak bisa mengerti apa yang ada di otak orang-orang ini untuk membuat kampanye satu hari khusus menggambar Nabi Muhammad saw. Mereka jelas bukan muslim, tidak mengetahui sejarah asli Nabi Muhammad saw. tapi ingin membuat gambar Nabi Muhammad dalam berbagai bentuk. Satu hal yang pasti, ini merupakan bentuk permusuhan dan kebencian terhadap Islam, Nabi Muhammad saw., dan umat muslim. Saya mencoba mencari informasi mengenai latar belakang kampanye bodoh ini.

Beberapa episode terakhir kartun “South Park” milik Comedy Central yang diciptakan oleh Trey Parker dan Matt Stone selalu menampilkan tokoh yang menggambarkan Nabi Muhammad. Tak pelak, blog muslim yang bernama Revolution Muslim mengecam pembuat kartun dengan mengatakan, “Kami telah memperingati Matt dan Trey bahwa mereka melakukan hal bodoh dan mungkin akan berakhir seperti Theo Van Gogh jika menyiarkannya.” Van Gogh merupakan pembuat film asal Belanda yang tewas ditembak pada tahun 2004 setelah membuat film tentang perlakuan wanita di masyarakat muslim. “Ini bukan ancaman, tapi peringatan akan realitas yang mungkin saja terjadi pada mereka.” (Lihat: Muslim group warns ‘South Park’…)

Comedy Central pun mengubah episode kontroversial itu demi keamanan sang pembuat kartun. “Comedy Central memutuskan untuk menyensor episode. Ini merupakan hak mereka. Kami semua melayani kehendak mereka.” (Lihat: …Comedy Central censored ‘South Park’ for safety reasons)

Selain pihak kontra, tentu saja ada pihak pro yang mendukung para pembuat kartun. Bermacam-macam komentar yang saya lihat, mulai dari kebebasan kartunis sampai komentar “kalau tidak suka ‘South Park’ jangan tinggal di AS.” Tapi memang tidak pernah masuk akal jika mereka harus memasukkan figur suci agama lain. Apa hubungannya bagi mereka? Apa kepentingannya dan manfaat untuk mereka dengan memasukkan tokoh Nabi Muhammad saw.?

Salah satu pihak pro adalah Molly Norris, seniman asal Seattle. Dia mendeklarasikan “Everybody Draw Muhammad Day” pada tanggal 20 Mei 2010. Dia menciptakan poster tentang kampanye konyol itu dengan menggambar cangkir kopi, kotak pasta, tomat dan semuanya itu dianggap sebagai Nabi Muhammad.

Dalam wawancara di sebuah radio, Norris mengatakan bahwa dia mengumumkan hari itu karena “sebagai seorang kartunis, saya merasa memiliki hasrat dengan apa yang terjadi.” (Lihat: Creators of ‘Everybody Draw Muhammad Day’ drop gag…). Tapi anehnya, kegemaran dan hasrat dia berkurang. Kalau kita mengunjungi situs pribadinya (http://www.mollynorris.com/), terlihat poster tersebut dicoret-coret sendiri dan menyatakan, “I did not ‘launch’ an Everybody Draw Mohammed Day.” Tentu saja, dia terlihat ketakutan meski tidak menyangkal bahwa dia juga mengatakan, “I made this cartoon…”

Norris tidak sendirian, banyak juga yang mendukungnya di Facebook dengan membuat event (penakut akan menghapus dirinya sebagai admin) dan page (lebih aman karena tidak menampilkan admin). Seperti biasa, page tandingan pun muncul dengan nama AGAINST “Everybody Draw Mohammed Day!”

Jika kalian muslim dan nonmuslim yang menghargai agama lain, kunjungi page ini (Everybody Draw Mohammed Day!), lihat bagian kiri bawah, Report Page (Laporkan Halaman), dengan alasan Racist/hate speech. Kita lihat, apakah Facebook kembali menunjukkan ketidakadilannya?! Kalian juga bisa melakukan apapun untuk menentang hari konyol tersebut baik dengan cara menulis di blog, komentar, atau upload video. Berikut ini video resmi menjawab Draw Muhammad Day:

Hal lain yang perlu kita sadari, kami tetap mempunyai harga diri dan tidak akan melupakan agama kami! Kami menghormati keyakinan kalian meski kami tidak pernah takut. Sami Zaatari membuat grup respon bernama Honour The Prophet Muhammad Campaign!

Pertengahan bulan ini, rumah seorang kartunis Swedia yang pernah menggambar Nabi Muhammad saw. dilempari bom molotov. What do you think? I think that was awesome! Melihat kelakukan beberapa orang Barat dan mereka yang melecehkan Islam, kadang saya setuju dengan aksi yang mereka sebut sebagai terorisme. Terorisme menurut media Barat tentunya. Apakah melecehkan agama lain bukan terorisme dan pelanggaran HAM?!

Bukankah Islam agama kasih-sayang? Oh iya, tentu saja. Tapi kami juga keras terhadap orang-orang yang melawan agama ini. Kami memang lembut, tapi tidak lembek. “…keras terhadap orang-orang kafir, tapi berkasih sayang sesama mereka…” (QS. 48: 29) Kami memang keras dan akan memerangi orang yang melawan kami. Tapi tidak brutal membabi-buta. Kami punya aturan. “Dan perangilah di jalan Allah orang-orang yang memerangi kamu, (tetapi) janganlah kamu melampaui batas, karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.” (QS. 2: 190)

Kadang kami ingin seperti nabi-nabi terdahulu, Musa, Luth, atau Nuh as. yang sudah tidak tahan dengan kelakukan umat mereka. Ingin segera rasanya menimpakan langit kepada mereka yang mengolok-olok agama ini. Tapi kami punya Nabi Muhammad saw., yang telah menutup ajaran Moses dan Jesus Christ. Beliau mengerti betul mengapa orang-orang memusuhinya. Mereka, yang memusuhi beliau, hanyalah orang-orang yang tidak tahu.

Catatan: Thanks to SyechJufry ZahraHabsye for this first-time information.

Last modified: May 20, 2010

22 thoughts on “Menentang “Draw Muhammad Day”!

    • Iya, Mas. Banyak kasus pelecehan terhadap Tuhan mereka yang kita anggap nabi, tapi tidak banyak reaksi. Karena mereka tidak memiliki hubungan erat dengan agama sendiri. Mirip sekular.

  1. Hati2 propaganda Yahudi… (saya bukan ngomong secara agama ya?)… Yahudi, bukan agamanya… Saya juga nggak habis fikir kok bisa2nya mereka menganggap bahwa agama hanya simbol dan bisa dijadikan bahan olok2an. Seperti hinaan Mr. Bean dalam film2nya tentang ketuhanan seperti aksi di dalam tempat ibadah sampai memainkan boneka2 cerita ketuhanan mereka, menurut saya itu hal yang luar biasa bodoh dan justru jadi bahan tertawaan mereka sendiri.
    Ironisnya di negara kita malah menjunjung tinggi keagamaan yang notabenenya diajarkan oleh mereka, sedangkan mereka justru mengolok2nya.

    Nice post sobat😀

    • “Dan sungguh telah diperolok-olokkan beberapa rasul sebelum kamu, maka turunlah kepada orang-orang yang mencemoohkan di antara mereka balasan (azab) olok-olokan mereka.” (QS. 6: 10)

      Thanks brother😀

  2. Bro, marah sih marah. Tp hati2 dlm b’sikap,jgn smpai jd bumerang to umat Muslim

    PERINGATAN : Jangan meng KLIK segala Situs/blog/fb yg menjelek2xan Islam, walau untk alasan to me-report/memblokir.

    Hal tsb adlh perbuatan yg sia-sia,krn fcebook tdk akan pnh memblokirnya (udah tw fb milik yahudi.ya ga?).

    Justru ketika teman2 sekalian mengklik blog/situs/fb tsb, maka kalian telah memberikan keuntungan bg mereka : situs2 tsb akan smkin exist, panjang umurnya,dan rating nya akan merangkak naik!

    So jgn pernah meng-kLik sepenasaran apapun kalian thd isi penghinaan tsb. Biarkan mrka berkoar2, nanti akan mati dg sendirinya!

  3. seharusnya, facebook sebagai situs jejaring sosial tidaklah pantas menjadi ajang propaganda untuk menyakiti salah satu Agama,,,,saya sangat menyesalkan situasi ini,,semoga Allah menunjukkan kuasa dan kebesaran-Nya,,dan melaknat orang2 yang memperolok Agama-Nya

  4. penghinaan itu terjadi karena lemahnya umat islam…..
    Klo zaman nabi dulu cuma gara2 pelecehan terhadap seorang muslimah cukup untuk membuat semua pria muslim angkat senjata…..
    Tetapi hari ini jutaan muslim palestina dibantai tidak ada pemerintah negeri muslim yang kirim pasukan bantuan untuk palestina….
    Sewkarang Allah telah mencabut ketakutan dihati kaum kafir dan memindahkannya pada umat islam…..

  5. Kita harus menjaga nama baik agama kita. apapun itu pelecehan dari pihak agama lain. InsyaAllah, kita teguh dan kuat iman kita terhadap cobaan yang datang kepada agama kita, yakni Islam(agama Allah SWT). amin

  6. Allahu Akbar!!!… Serukan takbir dan tetap waspada akan bahaya yang mengacam kesatuan umat kita.
    Insya Allah, Allah memberikan jalan untuk kita menegakkan agamaNya.. Cukup bagi kita untuk menjadi islam yang “lembek”, tunjukan pada dunia bahwa Islam dan umat muslim adalah satu kesatuan yang tak lemah!!..
    Allahu Akbar!!!… Pekikan takbir wahai saudara-saudaraku!!…

  7. Nice artikel,
    ya itu lbih melihatkan kl mereka tidak tahu sama sekali ttg Islam.
    Islam bkn agama yg menggambarkan Tuhan atau Nabi, maka mereka sendiri lah (penyelenggara event itu) yg memperolok agama-nya..

  8. Sebenarnya mereka orang2 yang tidak tahu… setiap hari mereka dicekoki media yahudi yang memburuk2an Islam & mencuci otak mereka…. sedangkan kita orang Islam hanya sedikit yang punya semangat untuk mendakwahkan keindahan agama Islam ini… kebanyakan dari kita hanya tidur, bersantai & malas… kalaupun internetan maen FB… cuma buat status2 lebay: cinta, putus, jadian & balikan… menyedihkan ummat saat ini

  9. @Angga: setuju bro.. tapi gak semua begitu loh..🙂
    @Alireza: aslmkm bro, ane kunjung balik neh. Emang bener, tapi kritik juga perlu, biar makin pinter dan dewasa, kalo gak siap kritik, jangan pernah diskusi..😀 bukan begitu bro? saran, kritik dan makian penting buat da’i semacam ente, dan blogger semacam kita ini, gak siap kritik, jangan ngeblog.. betul kan bro? salam..

Pendapat Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s