Foto Raja Saudi Bersama 40 Wanita

Foto ini mungkin terlihat biasa—anggota kerajaan Saudi berpose bersama 40 wanita dengan pakaian muslimah. Tapi foto Raja Abdullah ini menjadi hal penting bagi wanita Saudi dan perjuangan mereka meraih kesetaraan hak. “Saya pikir ini merupakan gambar yang baik dan semua orang membicarakannya,” kata Dr. Maha Muneef, seorang dokter terkemuka dan penasihat Dewan Syura pemerintahan di Riyadh.

“Ini sebuah gambar yang mengirimkan pesan kepada rakyat bahwa tidak masalah untuk bekerja bersama dan berdampingan dengan wanita, dan tidak ada yang salah dengan itu.”

Pemisahan jenis kelamin adalah inti dari aturan masyarakat konservatif Arab Saudi. Laki-laki dan wanita bersekolah terpisah, berjalan melalui pintu yang berbeda di banyak gedung, dan duduk terpisah di restoran dan kafe.

Sejak Raja Abdullah berkuasa pada tahun 2005 aturan pemisahan jenis kelamin mereda, perlahan namun pasti. Raja telah memasukkan wanita Saudi dalam delegasi resmi saat ke luar negeri. Lebih banyak wanita bekerja di sektor swasta, di mana pemisahan kantor bagi wanita dan pria tidak lagi diperlukan secara hukum. Tahun lalu Universitas Sains dan Teknologi Raja Abdullah yang baru memberikan kesempatan bagi wanita untuk belajar di lingkungan tanah Saudi.

Pemerintahan Raja Abdullah telah mendorong melalui reformasi, ulama konservatif yang berkuasa mulai memikirkan kembali dan mendebat publik kebijakan ketat terhadap hak asasi wanita, sebuah diskusi yang tak terpikirkan di masa lalu.

Akhir tahun 2009, Syekh Ahmed Al-Ghamdi, ulama terkemuka polisi agama Saudi, mengatakan dalam sebuah surat kabar berbahasa Arab bahwa tidak ada dalam Islam yang melarang “ikhtilat”, atau bercampurnya lawan jenis. Ulama konservatif garis-keras membalas Al-Ghamdi dan mencopot jabatannya. Al-Ghamdi mengatakan kepada Arab News bahwa dia menerima ancaman mati dan tuduhan menjadi murtad dan ateis.

“Akan selalu ada perdebatan antara masyarakat relijius dan liberal. Tapi sekarang ini ada dialog antara masyarakat relijius dan konservatif sendiri. Itulah perbedaan besarnya,” kata Al-Muneef.

Pernyataan Raja Saudi tentang Wanita

Al-Ghamdi segera mengembalikan apa yang diyakininya sebagai intervensi pemerintah daerah. Tapi huru-hara terus berlanjut selama berbulan-bulan, sambil mengangkat foto Raja Abdullah yang dikelilingi wanita sebagai pernyataan di mana posisi raja.

“Intinya, foto dia bersama wanita akan membuat masyarakat tenang tentang gagasan pencamuran wanita dan pria,” kata Dr. Basmah Al-Omair, CEO Pusat Bisnis Khadijah bint Khouwailid di Jeddah.

Khaled Al Maeena, editor harian Arab News, mengatakan bahwa foto raja tersebut memperkuat argumen masyarakat moderat untuk perubahan. “Hal ini bisa menjadi pernyataan penting raja untuk meredakan kekhawatiran reformasi ini bersifat sementara.” Pendukung Raja Abdullah khawatir bahwa pada usia 85 tahun, dia tidak akan mempu membangun basis yang kuat untuk reformasi. “Ini akan terus berlanjut dan bertahan. Tapi tergantung pada kita untuk terus menggalinya.”

Penerjemah: Ali Reza Aljufri © 2010
Sumber: Rasid News Network, abc News

7 thoughts on “Foto Raja Saudi Bersama 40 Wanita

  1. anda jgn pernah termakan propganda orang2 jaringan islam liberal gembalaan yahudi yg sllu mngkmpnyekan emansipasi wanita

    • Kenapa di sekitar Kakbah tidak ada pemisahan pria-wanita, tapi di Burger King cabang Mekah ada pemisahan pria-wanita?

  2. Untuk lebih mudahnya marilah kita pelajari bagaimana kehidupan Nabi Muhammad shalallahualaihiwassalam, kita berusaha sekuat kemampuan kita untuk meneladani kehidupan beliau, jangan banyak berpedoman pada istijihad saja. Islam itu jelas… halal ya halal, haram ya haram, jangan dikabur-kaburkan. Jangan ucapan sebatas manusia biasa yang dijadikan argument, tapi cukuplah bagi kita orang muslim (Bukan Islam KTP) menjadikan sirah nabi senagai sandaran utama dalam berkehidupan. Semoga kita orang muslim selalu terhindar dari segala syubhat2 yang menyesatkan. Amin………….

Pendapat Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s