Propaganda Israel Tidak Masuk Akal

Ada beberapa hal yang bagi orang awam saja tidak masuk akal untuk melihat pembelaan memaksa Israel. Video yang dikeluarkan oleh IDF (tentara Israel) pun juga berusaha meyakinkan penonton bahwa para tentara dipukuli dengan besi dan bangku. Seolah-olah mereka ingin diposisikan sebagai korban.

Padahal kita tahu, dalam kegelapan malam para tentara itu turun dari helikopter dan langsung mengeluarkan tembakan. Kapal Mavi Marmara berisikan ratusan aktivis kemanusiaan dari 50 negara. Mereka saat itu sedang berlayar menuju Gaza, Palestina, di perairan lepas internasional, sehingga wajar jika membela diri ketika diserang dengan senjata. Contoh propaganda tidak cerdas lainnya saya temukan di situs Voice of Palestine:

Ini adalah foto dan keterangan propaganda Israel yang muncul di situs surat kabar Israel, Haaretz. Ada beberapa hal yang tidak dapat dipercaya tentang hal ini:

  1. Serangan Israel terjadi dalam kegelapan [malam]. Ada cahaya siang hari yang terang masuk melalui jendela.
  2. Siapa yang mengambil foto ini? Pasukan Komando Israel yang katanya terancam dengan pisau? Foto yang bagus!
  3. Semua orang di belakang pria dengan pisau itu terlihat cukup tenang dan seolah-olah mereka tidak sedang diserang oleh tentara Israel.
  4. Orang-orang di kapal diperintahkan untuk memakai jaket penyelamat [warna oranye] sebelum serangan Israel terjadi dan dalam gambar ini tak ada seorang pun yang mengenakannya.
  5. Bagaimana mereka tahu dia aktivis “sayap kiri”? Dia tidak cocok dengan stereotip seorang aktivis sayap kiri. Apakah mereka meluangkan waktu untuk melakukan wawancara saat dia diduga mencoba menusuk mereka?

Cek realitas: Jika foto ini berasal dari kapal itu, maka ia menunjukkan seorang pria membawa sebilah belati seremonial, mungkin dalam sebuah demonstrasi akan keberaniannya di depan kamera dan para wartawan. Yang pasti adalah foto ini tidak bisa membenarkan serangan militer Israel di laut lepas dan pembunuhan warga sipil di sebuah kapal bantuan kemanusiaan. Lagipula, andaikan saja mereka punya banyak belati di kapal, apa yang akan mereka lakukan, berlayar ke Gaza dan kemudian “menikam” Israel?

UPDATE: Belakangan Haaretz menghapus foto. Untungnya, saya selalu menyimpan salinan halaman web asli yang saya kutip. [ali abunimah | vop]

Pendapat Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s