Presiden Ini Selalu Mencium Alquran

Beberapa hari yang lalu saya membaca sebuah tulisan yang berusaha membuktikan bahwa Presiden Republik Islam Iran, Mahmoud Ahmadinejad, adalah seorang penghina Islam. Kesahajaan yang selama ini ditampilkannya adalah kepura-puraan karena sebenarnya ia menyembunyikan permusuhan terhadap Islam. Lalu, bagaimana cara Ahmadinejad memperlakukan Alquran?

Cara yang dilakukan Ahmadinejad sebagai seorang “penghina Islam” (menurut penulis itu) ternyata berdoa, membuka, membaca, dan mencium Alquran. Sebagai seorang pelayan rakyat, ia bisa saja menghadapi keraguan dan kebimbangan dalam menentukan keputusan. Cara yang dianjurkan bagi seorang muslim ketika menghadapi kebimbangan seperti ini adalah melakukan istikharah.

Istikharah berasal dari kata al-khair yang bermakna sesuatu yang baik. Ia dilakukan dengan tujuan agar Allah Swt. menunjukkan sesuatu yang baik, karena terkadang apa yang menurut manusia itu baik tidak sama dengan ketetapan Allah, begitu juga sebaliknya. Benarkah seorang presiden menetapkan keputusan hanya dengan istikharah?

Istikharah tidak dapat dilakukan begitu saja tanpa melalui tahapan dan pendahuluan yang benar. Istikharah bukanlah jalan pintas dengan mematikan daya pikir yang diberikan Allah Swt. Allamah Thabathabai mengatakan bahwa seseorang harus mencari tahu sendiri, menyelidiki, dan berpikir keras untuk menentukan. Jika tidak mampu, barulah berkonsultasi kepada orang lain. Jika tetap menemui jalan buntu, barulah dilakukan istikharah. Istikharah dilakukan untuk memberikan ketenangan pada hati.

Istikharah tidak dilakukan pada hal-hal yang sudah jelas, misalnya, terkait halal dan haram. Istikharah juga tidak dilakukan pada hal-hal yang kecil dan remeh. Meskipun ukuran kecil dan remeh itu bisa berbeda-beda bagi setiap orang, Imam Khomeini mengatakan bahwa orang yang melakukan istikharah pada hal-hal seperti melanjutkan hubungan pria dan wanita, atau perkara membeli rumah atau tidak, maka sebenarnya ia tidak tidak memiliki kecerdasan dan pemahaman yang benar tentang istikharah.[1]

Berdasarkan hadis, istikharah bukanlah jaminan bahwa kita akan mendapatkan apa yang kita inginkan dan dijauhi dari segala kesulitan dan penderitaan. Dampak yang dialami orang yang melakukan istikharah juga tidak selalu berkaitan. Tapi jelas berdasarkan riwayat bahwa orang yang melakukan istikharah akan dianugerahi kebaikan dari Allah.

Di antara metode yang diajarkan ahlulbait dalam melakukan istikharah adalah melalui Alquran. Di antara caranya adalah dengan membaca surah Al-Ikhlas, bersalawat kepada nabi dan keluarganya, berdoa, baru kemudian membuka Alquran dan memaknai ayat yang kita baca. Berikut ini di antara foto-foto Ahmadinejad yang melakukan istikharah dengan menggunakan Alquran.

Note: If you find images which may be under copyright (even I already mention the source), please contact me with a removal request to Contact Me. Also remind me if I mention a wrong caption and information about the photos. This post inspired by Dr. Faisal Tehrani mailing list.

8 thoughts on “Presiden Ini Selalu Mencium Alquran

  1. Subhanallah… Oh, alangkah beruntungn dan bahagianya, Dunia bs menyaksikan seorang Presiden yg gagah berani lagi Takwa…. Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa aali Muhammad wa ‘ajjil farojahum…!

  2. Wallahuaalam, jangan suudzon akhi.. jika tuduhan akhi tidak sesuai fakta malah takut balik jadi dosa buat antum,paling tidak beliau lebih bersahaja dan lebih tegas ketimbang pejabat2 di negeri kita

  3. Ahmadinejad mungkin satu-satunya presiden di Timur Tengah yang berani dan terang-terangan menentang Israel dan Amerika tapi tidak takuk masuk ke Amerika dan berdebat disana

  4. Kesesatan syiah : 17 Perbedaan Mendasar Syi’ah Dengan Ahlussunnah
    Posted on May 5, 2012 by admin
    17 Perbedaan Mendasar Syi’ah Dengan Ahlussunnah
    Firqoh, KAJIAN ASWAJA

    (a lot of text has been removed)

Pendapat Anda?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s